bio.fsm.undip.ac.id. Kelulusan mahasiswa Program Studi S1 Biologi periode Wisuda 167 masuk kategori fenomenal. Sebuah capaian tim dengan suasana berbeda dari pola sebelumnya. Beberapa hal fenomenal yang cukup menjadi indikator peningkatan layanan kelulusan diantaranya :

  1. Dukungan Sistem Informasi dengan adanya pembaruan fitur SIAP Undip yang terintegrasi dengan aplikasi PIUTANG. Salah satu dampaknya adalah terdeteksinya problem akademik mahasiswa dengan status administrasi mahasiswa. Kondisi ini menyebabkan mahasiswa terdorong untuk menyelesaikan studi dalam waktu segera.

 

  1. Tim Dosen Pembimbing/Penguji Tugas Akhir mendapat tugas ekstra untuk melayani mahasiswa yang bersemangat ingin cepat lulus, namun aspek kualitas lulusan menjadi tantangan dan dinamika tim dosen terkait. Dalam posisi periode perubahan semester (genap ke gasal) aktivitas dosen yang sangat padat agenda, Dosen Pembimbing / Penguji TA juga tetap harus melayani mahasiswa yang berharap ingin segera lulus. Apresiasi dan ucapan terimakasih secara khusus disampaikan kepada Bapak/Ibu Dosen yang telah bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik untuk mahasiswa Biologi.

 

  1. Mahasiswa Biologi angkatan pertama IUP (Internasional Undergraduate Programe) telah berhasil ada yang lulus tepat waktu (kurang dari 4 tahun) atas nama Lita Mustika. Semoga segera diikuti mahasiswa IUP lainnya.

 

  1. Mahasiswa semester VIII mulai kembali menunjukkan peningkatan tingkat kelulusannya tepat waktu (semakin banyak). selama beberapa tahun terakhir akibat pandemi cenderung menurun dan berkurang. Semoga kondisi ini pertanda baik untuk selanjutnya.

Pimpinan dan pengelola Departemen Biologi menyampikan apresiasi dan terimakasih banyak atas kerjasama dan kerja keras Bapak/Ibu Dosen dalam pelaksanaan tugas melayani mahasiswa Biologi dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT memberikan Ridho dan keberkahan untuk kita semua..Aamiin.

Selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa Biologi yang dinyatakan lulus dan berhasil mengikuti wisuda Universitas Diponegoro yang ke 167. Semoga ilmu biologi bermanfaat untuk masyarakat dan semakin berkembang. Sesungguhnya peran lulusan biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro sangat dinantikan untuk kemajuan bangsa dan Negara. Selamat berjuang di masyarakat dan tetaplah bersemangat mengisi kehidupan ini. Salam sukses.