Formulir Tugas Akhir

Layanan administrasi untuk keperluan Tugas Akhir dan Kelulusan bagi mahasiswa Prodi S1 Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro silahkan klik link sesuai yang dibutuhkan pada tabel berikut :

NoTahapanKhusus Online

1Penunjukkan Dosen Pembimbing & Penguji TAMahasiswa Mengisi formulir rekomendasi Dosen Wali untuk penunjukkan Pembimbing & Penguji TA, silahkan Klik

Mahasiswa konfirmasi kepada Dosen Wali dan menyampaikan permohonan agar dosen wali mengirim data kepada Ketua KBK (Ka. Laboratorium) sesuai bidang minat yang diisikan pada link tersebut.
Mahasiswa konfirmasi kepada Ketua KBK (Kepala Laboratorium) melalui link WA berikut :

1. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Ekologi & Biosistematik klik

Khusus Mahasiswa Biologi yang mengambil bidang minat Tugas Akhir di Laboratorium Ekologi & Biosistematik WAJIB mengisi form berikut, silahkan Klik

2. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) BSF Hewan klik

3. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) BSF. Tumbuhan klik

4. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Bioteknologi Klik
Mahasiswa memeriksa data bimbingan di https://s.id/cekbimbingujiTA

Jika pada daftar link tersebut belum muncul nama dosen pembimbing dan Penguji TA, Mahasiswa wajib berkomunikasi dengan Kepala Laboratorium.

Data Pembimbing/ Penguji TA pada link tersebut menjadi Dasar untuk proses Bimbingan Tugas Akhir pada SIAP.

Panduan teknis bimbingan TA pada SIAP silahkan pelajari klik
2Panduan Penulisan Ilmiah (Proposal dan Laporan)

Silahkan disimpan dan dijadikan acuan untuk menulis Proposal maupun laporan TA
PANDUAN ILMIAH
3Seminar Proposal (Dipersiapkan seminggu sebelum pelaksanaan Ujian Seminar Proposal)Teknis Ujian Seminar Proposal silahkan ikuti sesuai Edaran berikut klik
4Pelaksanaan Penelitian1. Mengisi
Log Book

Log book ini diisi dengan catatan penelitian selengkap-lengkapnya untuk membantu analisis data penelitian
Aktifitas Bimbingan bersama dosen dilaporkan pada SIAP (Berlaku sebagai pengganti kartu bimbingan).

Silahkan pelajari bagian mekanisme bimbingan pada SIAP klik
Jika Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi (Internal), Proses perijinan penggunaan fasilitas di Laboratorium (Sesuai mekanisme Laboratorium). Silahkan hubungi Ka. Laboratorium dan Teknisi Laboratorium.

Ikuti ketentuan yang berlaku. Silahkan pelajari klik
Bagi mahasiswa yang magang/ Kerja di InstansiJika Penelitian dilaksanakan di Instansi Luar Undip, Langkah :

(1) Mengurus surat pengantar dari FSM (silahkan proses form AK.015 DOWNLOAD), Jika membutuhkan tandatangan online silahkan isi form AK.015 diisikan lengkap dengan ttd mahasiswa pemohon selanjutnya upload di link bit.ly/ttd-gabungan-dosen-bioundip

(2) Konfirmasi ke Pihak Instansi yang dituju (meminta surat keterangan/ balasan surat pengantar dari FSM) ;

(3) Surat Keterangan/ balasan dari Instansi dikirim ke Departemen Biologi ; (4) Melaksanakan kegiatan Penelitian dengan mengikuti prosedur yang berlaku di instansi tersebut.
Hanya untuk mahasiswa yang membutuhkan surat ijin mengambil data saja tanpa Magang/Kerja di InstansiPermohonan Surat Pengambilan Data Penelitian (Khusus mahasiswa yang HANYA MENGAMBIL DATA TANPA Magang/Kerja di Instansi), Silahkan mengisi link : http://s.id/ijinpenelitian

setelah mengisi link silahkan konfirmasi ke sekretariat Departemen Biologi :

s.id/konfirmasisuratpenelitian
Jika Pembimbing (dari Instansi) membutuhkan Surat Keputusan (SK), silahkan proses melalui link s.id/SK-Pembimbing-Penelitian
5Seminar Hasil Penelitian (Dipersiapkan seminggu sebelum pelaksanaan Ujian Seminar Hasil Penelitian/SHP)Teknis Ujian Seminar Hasil Penelitian (SHP) silahkan ikuti sesuai Edaran berikut klik
6Publikasi (Artikel yang dipublikasikan di Jurnal internal Biologi maupun Jurnal luar tetap memproses tahap ini)Mahasiswa dapat menyusun artikel untuk dipublikasikan pada Jurnal sejak SHP atau setelah Ujian Sidang TA (sesuai arahan Dosen Pembimbing).

Silahkan mengisi data pada form berikut : bit.ly/lapor-submit-bioundip
(Setelah mengisi data, silahkan ikuti petunjuk pada form tersebut)

Mahasiswa yang publikasi pada Jurnal di lingkungan Departemen Biologi (BIOMA, ANFIS, NICHE) maupun Publikasi di Jurnal Luar Biologi wajib membawa surat keterangan submit dari Jurnal.
7Bebas Pustaka

(Bebas Pinjam / Tanggungan di Departemen Biologi)
Mahasiswa mengisi data pada link http://s.id/bebaspustaka-bioundip

Setelah mengisi link tersebut, silahkan dipantau validasinya di link : https://s.id/validasi-bebaspustaka

Jika semua Laboratorium sudah menyatakan "bebas", silahkan hubungi Sekretariat Departemen Biologi.
8Validasi Transkrip Nilai Silahkan validasi Transkrip Nilai anda dengan mengisi form berikut : bit.ly/cek-transkrip-bioundip

Setelah Tim (Petugas) Validasi Transkrip memproses data Transkrip Nilai mahasiswa, maka secara otomatis mahasiswa akan memperoleh email laporan hasil Evaluasi Matakuliah (Digunakan sebagai syarat ujian Sidang)

Khusus mahasiswa yang mengajukan penghapusan matakuliah bit.ly/hapus-kuliah-bioundip (Bagi yang menyampaikan permohonan hapus matakuliah saja)
9Pemeriksaan Plagiarisme Draft Tugas Akhir Sebagai Syarat Ujian SidangSilahkan upload BAB Tinjauan Pustaka dan BAB Pembahasan pada link :
bit.ly/cek-plagiarism-bioundip

Hasil Pemeriksaan plagiarisme draft Tugas Akhir akan diproses melalui aplikasi Turnitin oleh Petugas. Laporan hasil pemeriksaan akan dikirim ke email mahasiswa.
10Ujian Sidang Tugas Akhir (Dipersiapkan/Proses seminggu sebelum pelaksanaan Ujian)

Teknis Ujian Sidang TA silahkan melengkapi syarat verifikasi syarat ujian TA dengan mengisi formulir berikut : bit.ly/verifikasi-sidang-bioundip

Setelah memperoleh surat permohonan verifikasi Kaprodi yang bertandatangan Koordinator Tugas AKhir, silahkan mengisi form pendaftaran Ujian TA pada link : bit.ly/ujian-TA-bioundip


Selambat-lambatnya 2 hari sebelum pelaksanaan (H - 2) ujian sidang, Mahasiswa peserta Ujian Sidang agar memastikan jadwal Ujian TA sudah tersedia pada akun SIAP. Jika jadwal ujian sidang belum tersedia pada SIAP silahkan hubungi Sekretariat Departemen Biologi.
11Berita Acara Kelulusan (BAK)

Dokumen syarat kelengkapan Wisuda yang wajib diproses oleh calon wisudawan Selambat-lambatnya 30 hari kerja pasca ujian sidang.
Calon Wisudawan WAJIB memproses berikut :

1. bit.ly/bebaspustaka-bioundip (Untuk Wisuda)

2. Memeriksa data nilai Transkrip terbaik di SIAP (Pastikan lengkap dan benar). Jika sudah benar dan lengkap, mintakan cetak ke Sekretariat Departemen Biologi. Pengesahan Transkrip (Daftar Prestasi Akademik) divalidasi Departemen untuk selanjutnya dimintakan Tandatangan Dekan.

3. Calon Wisudawan memastikan sudah memiliki surat keterangan submit artikel ilmiah yang dikeluarkan oleh Pengelola Jurnal (Publikasi). Publikasi Tugas Akhir pada Jurnal di lingkungan Departemen Biologi maupun pada Jurnal di luar Departemen Biologi, mahasiswa WAJIB memproses point 6 (di atas).

4. Calon wisudawan memastikan telah memiliki Berita Acara Ujian Tugas Akhir (TA 9), Jika TA 9 belum ada silahkan hubungi Sekretariat Departemen.

5. Mengisi data di link :

(a.) http://bit.ly/arsipTAbioundip

(b.)bit.ly/bakbioundip


11Bebas UKTsilahkan konfirmasi ke Bagian Keuangan Fakultas.

Mahasiswa Prodi S1 Biologi yang menempuh rangkaian  Tugas Akhir hingga kelulusan (syarat Wisuda) diwajibkan memproses syarat administrasi sebagaimana daftar pada link di atas. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Departemen Biologi (Jam Kerja). Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

(Gie/Adm-Bio)