bio.fsm.undip.ac.id. Dalam rangka memberikan apresiasi kepada mahasiswa peserta Matching Fund Kedaireka “Smart Modern Sustainable Aquaculture” Fakultas Sains dan Matematika, Prof.Drs.Sapto Purnomo Putro, M.Si, Ph.D selaku Koordinator Tim MF Kedaireka FSM Universitas Diponegoro pada hari Selasa (27/12) menyelenggarakan kegiatan secara khusus dengan tajuk “Ceremonial Pemberian Sertifikat MBKM Matching Fund Kedaireka Tahun 2022” di Ruang Pertemuan Gedung Acyntia Prasada Lantai 6 Kampus FSM Undip Tembalang. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Matematika, Ketua Departemen Biologi, ratusan mahasiswa peserta MF Kedaireka serta Tim Penyelenggara Lapangan yang terdiri dari sejumlah tim Asisten Lapangan.

Peserta MBKM MF Kedaireka “Smart Modern Sustainable Aquaculture” diikuti oleh sekitar 120 mahasiswa lintas program studi yang terdiri dari Fakultas Sains dan Matematika dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Setidaknya lebih dari 30–an mahasiswa Prodi Biologi ikut serta dan aktif mendukung pelaksanaan program ini. Prof. Sapto yang juga menjabat sebagai Ketua Departemen Biologi memaparkan bahwa kegiatan MF Kedaireka ini diharapkan dapat membantu mahasiswa memperoleh skill sehingga mendukung capaian pembelajaran lulusan (CPL). Serangkaian kegiatan MBKM dari Program MF Kedaireka ini berkontribusi dalam mendukung target capaian indikator kinerja utama (IKU) 2 Universitas Diponegoro. Selain itu sebagai bentuk penghargaan kepada mahasiswa peserta MBKM maka di tingkat Program Studi nantinya akan dikonversikan menjadi sejumlah capaian SKS matakuliah yang diakui secara akademik.

Sementara itu, Prof. Dr. Widowati, S.Si selaku Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip yang juga anggota Tim MF Kedaireka ini, beliau memaparkan bahwa kegiatan MBKM merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar di luar kampus. Pada pemberian penghargaan sertifikat MBKM ini akan diberikan sesuai cluster yang diikuti mahasiswa peserta MBKM. Program MF Kedaireka ini bekerjasama dengan Mitra di Jepara untuk implementasi konsep program Smartmodern Aquaculture. Beberapa cluster workshop yang diselenggarakan melalui MF Kedaireka ini memberikan pembelajaran seputar peningkatan budidaya Aquaculture beserta aplikasi pembaruan lainnya seperti penerapan aplikasi dan manajemen budidaya yang terencana lengkap dengan permodelan matematika yang mendukung aplikasi smart modern aquaculture. Apresiasi dari Prof. Widowati diberikan kepada seluruh tim penyelenggara MF Kedaireka yang dikoordinasikan oleh Prof. Sapto ini. Diharapkan program ini dapat memberikan output ganda yakni selain dalam upaya mendukung capaian Indikator Kinerja Utama Undip, dampak lanjutnya semoga bermanfaat bagi para mahasiswa khususnya terkait pengalaman belajar di luar kampus sehingga meningkatkan capaian pembelajaran sesuai yang diharapkan.

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?