bio.fsm.undip.ac.id. Penelitian Biologi khususnya di bidang kajian Kultur Jaringan Tumbuhan saat ini memiliki prospek bagus dalam berkontribusi pengembangan ilmu tumbuhan. Diketahui saat ini Kultur Jaringan Tumbuhan telah banyak dikembangkan dalam skala home industry. Umumnya Kultur Jaringan Tumbuhan dalam skala home industry tersebut digunakan untuk produksi bibit tanaman hortikultura dan banyak juga yang dilakukan oleh para penggemar anggrek. Bersamaan dengan fenomena tersebut, Penelitian Kultur Jaringan Tumbuhan di Biologi FSM Undip semakin hari menunjukkan peningkatan peminat dari mahasiswa. Dalam kondisi sumberdaya yang ada saat ini, Laboratorium Biologi Struktur dan Fungsi Tumbuhan yang memanage penelitian kultur jaringan tumbuhan masih cukup mampu memfasilitasi para mahasiswa untuk penelitian dan praktikum di lingkungan Biologi FSM Undip.

Departemen Biologi memiliki 2 orang dosen yang intensif melakukan penelitian di bidang Kultur Jaringan Tumbuhan yaitu Dr. Yulita Nurchayati, S.Si, M.Si dan Dr. Nintya Setiari, S.Si, M.Si. Beliau aktif berkolaborasi mengembangkan kajian kultur jaringan tumbuhan sehingga menghasilkan karya – karya berupa publikasi dan juga berhasil mengantarkan puluhan mahasiswa Biologi menyelesaikan tugas akhir. Tercatat 10 -12 mahasiswa bergabung dalam riset kultur jaringan tumbuhan setiap tahun.

Dr. Yulita sebagai peneliti Kultur Jaringan Tumbuhan menyampaikan bahwa  ke depan diharapkan Departemen Biologi Undip mampu mengembangkan riset Kultur Jaringan Tumbuhan secara lebih baik lagi. Beberapa hal yang sedang dipersiapkan saat ini diantaranya kajian Kultur Jaringan Tumbuhan yang  mengarah pada mikropropagasi yang meliputi kultur pucuk, Embriogenesis somatik, kultur meristem dll. Kajian pelestarian tanaman anggrek dan tanaman langka juga sangat prospektif dikembangkan. Kajian eksplorasi dan produksi bahan alam diantaranya kultur suspense sel, kultur kalus dan kultur hairy root. Kultur jaringan tumbuhan juga sangat potensial dikembangkan dalam aspek kajian pemuliaan tanaman sekaligus berkontribusi menjadi solusi permasalahan tanaman pangan, tanaman tahan kekeringan dan persoalan lainnya.

Mahasiswa Biologi FSM Undip yang berminat mengkaji kultur jaringan tumbuhan dapat berkomunikasi dengan tim peneliti di laboratorium Biologi Struktur dan Fungsi Tumbuhan yang saat ini dikelola oleh Prof. Dr. Endah Dwi Hastuti, M.Si beserta tim.

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?