bio.fsm.undip.ac.id.  Dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa dan lulusan agar lebih siap menghadapi dunia kerja, Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro pada Kamis (22/9) kembali menyelenggarakan kegiatan Diskusi Ilmiah Online seri 6 dengan mengangkat tema “How to Present Yourself”. Kegiatan ini secara khusus menghadirkan 2 narasumber yang kompeten dan sangat inspiratif yakni Eko Sriwidyawati, S.Si, M.Farm dan Liesye Zulfia Rahmah, S.Psi., Psikolog.

Sementara itu Dr. Sri Darmanti, M.Si selaku Sekretaris Program Studi S1 Biologi yang mewakili Ketua Departemen Biologi dalam sesi sambutan menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Diskusi Ilmiah Online yang hingga saat ini sampai pada seri 6 merupakan tindaklanjut atas saran dan masukan dari hasil komunikasi antara Prodi Biologi dengan beberapa stakeholder (pengguna alumni). Dimana masukan yang banyak disampaikan dari stakeholder diantaranya perlu lebih banyak mengundang pakar / ahli untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar mendapatkan informasi lebih banyak dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar kerja ke depannya.

Kegiatan Diskusi Ilmiah online seri 6 ini dibagi menjadi 2 sesi berdasarkan jumlah narasumber. Pada sesi pertama dengan menghadirkan narasumber Eko Sriwidyawati, S.Si, M.Farm dimoderatori oleh Dr. Teguh Suprihatin, S.Si, M.Si (Dosen Biologi). Ibu Eko Sriwidyawati yang juga merupakan alumni Biologi Undip memaparkan materi tentang Succes Story to get the job. Dari serangkaian pengalaman yang selama ini pernah dilalui oleh Eko Sriwidyawati menunjukkan bahwa lulusan Biologi Undip perlu memiliki keyakinan yang kuat untuk memenangkan kompetisi meraih kesuksesan dalam bekerja dan meniti karir. Pengalaman beliau yang panjang saat ini telah menghantarkan beliau menjadi Manager Market Access PT. Kimia Farma Tbk. Kesuksesan beliau bermula dari sekian banyak proses yang dilalui dan penuh dengan perjuangan. Pengalaman beliau ini layak menjadi contoh bagi mahasiswa Biologi agar tetap kuat berjuang dalam berkompetisi memenangkan kesuksesan berkarir.

Selanjutnya dalam sesi kedua yang menghadirkan narasumber Ibu Liesye Zulfia Rahmah, S.Psi, Psikolog. Dari pengalaman beliau yang banyak bertugas di beberapa perusahaan ternama memberikan banyak wawasan kepada peserta Diskusi Ilmiah Online ini tentang bagaimana membangun branding diri sehingga menjadi pribadi yang berprestasi dalam berkarir. Dalam membangun branding diri diperlukan sikap prinsip yang konsisten terkait dengan kekhususan diri yang memiliki nilai positif. Materi tentang upaya membangun branding ini sangat penting diketahui oleh mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja di masa mendatang. Acara diskusi menjadi lebih hangat dengan banyaknya pertanyaan dari peserta diskusi yang dipandu oleh Dr. Yulita Nurchayati, M.Si sebagai moderator sesi kedua ini.

Diskusi ilmiah online ini diikuti oleh peserta mahasiswa Biologi dan beberapa undangan dari instansi luar Undip. Tercatat ratusan peserta mengikuti kegiatan Diskusi Ilmiah Online seri 6 hingga selesai acara. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat mahasiswa Departemen Biologi secara khusus agar memiliki bekal dalam menghadapi persaingan dalam mencari pekerjaan di masa mendatang.

Rekaman bisa disaksikan di link Youtube Biologi Undip