bio.fsm.undip.ac.id. Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) pada Sabtu (27/8) menyelenggarakan kegiatan Dialog akademik yang dihadiri oleh Ketua Departemen Biologi yakni Prof. Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si, Ph.D; Ketua Program Studi S1 Bioteknologi yaitu Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.SI, M.Si; Sekretaris Program Studi S1 Bioteknologi yakni Dr. Rejeki Siti Ferniah, S.Si, M.Si, Koordinator Kemahasiswaan Departemen Biologi yaitu Dr. Teguh Suprihatin, S.Si, M.Si, Staf Departemen Biologi dan perwakilan seluruh angkatan dari mahasiswa Departemen Biologi dari Program Studi S1 Biologi dan Program Studi S1 Bioteknologi. Acara diselenggarakan dalam rangka membangun komunikasi yang baik antara Pengelola Departemen Biologi dengan mahasiswa di lingkungan Departemen Biologi. Dalam sesi sambutan Prof. Sapto menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini sekaligus berpesan agar interaksi senantiasa terjaga antara mahasiswa dan Pengelola Departemen Biologi untuk mengatasi berbagai problem yang mungkin ada dalam proses akademik di kampus.

Sementara itu Koordinator Kemahasiswaan, Dr. Teguh Suprihatin menyampaikan bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Sains dan Matematika telah terdapat kesepakatan dengan Pimpinan Fakultas dengan harapan mekanisme tersebut menjadi bentuk nyata keterbukaan antara seluruh pihak terkait agar seluruh kegiatan mahasiswa dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya Prof. Hermin Pancasakti selaku Ketua Prodi S1 Bioteknologi menanyakan perihal responden yang diajukan mahasiswa untuk evaluasi layanan masih dirasa kurang representatif karena jumlah partisipasi yang masih kurang ideal. Beliau berpesan agar HMB ke depan dapat mengkoordinasikan dengan mahasiswa agar respon lebih baik dan ideal. Sedianya evaluasi perlu dilakukan lebih menyeluruh untuk menggambarkan realitas layanan. Beliau menyampaikan bahwa komplain dari mahasiswa adalah kesempatan bagi managemen kampus untuk melakukan perbaikan dan perubahan yang lebih baik.

Pengelola Departemen Biologi dan Prodi secara bergantian memaparkan sebagai jawaban atas beberapa hal aspirasi yang disampaikan mahasiswa. Beberapa hal yang dikemukakan dalam forum Dialog akademik ini yaitu perihal pembelajaran online (hybrid), sarana dan prasarana kampus, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Layanan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Layanan kelas Internasional (IUP). Setiap hal problem dibahas secara detail oleh Pengelola Departemen dan Prodi diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa sehingga dapat ditemukan solusi terbaik.