bio.fsm.undip.ac.id. Pada hari Senin (11/7) Fakultas Sains dan Matematika Undip menerima kunjungan Perwakilan dari Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat. Acara diawali dengan sambutan oleh Dekan FSM Undip Prof.Dr. Widowati, S.Si, M.Si. Pemaparan pertama disampaikan profil FSM yang terdiri atas beberapa Departemen dan Prodi. Salah satu pengembangan yang saat ini dilaksanakan di FSM yaitu penyelenggaraan program kelas Internasional khususnya di Departemen Biologi. Sembari dengan ini Departemen Biologi sedang proses akreditasi Internasional (ASIIN). Dalam rangka pengembangan riset, FSM Memiliki beberapa center riset diantaranya Ce-Mebsa, CPR, CGR dan Center for Advance Material, Electronics and Information System’, semua center riset FSM tersebut senantiasa berproses untuk menghasilkan produk inovasi yang menjadi unggulan di FSM Undip. Prof. Widowati juga memaparkan bahwa Aktivitas internasional FSM sering menyelenggarakan visiting profesor, seminar internasional, student mobility, Joint Riset dan Publikasi dengan beberapa kampus luar negeri.

Selanjutnya perwakilan dari FMIPA Universitas Lambung Mangkurat yang diwakili  oleh Wakil Dekan 3 dan Ketua UPKH FMIPA Universitas Lambung Mangkurat yaitu Bapak Khoerul Anwar, S.F, M.Sc,Apt, beliau hadir bersama tim yaitu Dr. Gunawa selaku Ketua Program Studi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat dan Drs. Heri Budi S, M.Si yang merupakan Dosen Prodi Biologi sekaligus pernah menjabat sebagai Dekan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat beberapa tahun yang lalu. Kunjungan tim dari FMIPA universitas Lambung Mangkurat ini menjadi agenda penting sekaligus sebagai bagian dari tindaklanjut kerjasama yang sebelumnya pernah dijalin dengan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro akhir tahun lalu (2021).

Sesi diskusi dikoordinasikan oleh Ketua Departemen Biologi Prof. Drs. Sapto Purnomo Putro, M Si, Ph.D. Dalam sesi diskusi ini dikemukakan beberapa hal penting seiring dengan dinamika akademik secara nasional diantaranya pelaksaaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sharing informasi diantara Prodi Biologi FSM Undip dan Prodi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat menghasilkan gagasan untuk tindaklanjut kerjasama khususnya untuk mendukung pelaksanaan MBKM. Program pertukaran pelajar yang sempat dikemukakan menjadi agenda ke depan yang akan diupayakan untuk dapat ditindaklanjuti diantara 2 institusi sesama program studi Biologi ini.  Selanjutnya diskusi mengenai riset, bahwa segenap potensi sumberdaya alam hayati yang terdapat di Kalimantan terbuka luas untuk menjadi obyek riset bagi tim dosen Biologi FSM Undip sehingga dimungkinkan adanya kolaborasi riset dengan tim peneliti dari Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat.

Agenda kunjungan diakhiri Tim dengan berkeliling di sekitar lingkungan kampus FSM dan beberapa Laboratorium Biologi FSM Undip. Diharapkan kunjungan ini dapat menjadi bagian yang penting untuk merealisasikan kerjasama diantara 2 institusi Prodi Biologi sehingga dapat bersinergi dan berkolaborasi menghasilkan karya penting serta dapat mencapai target – target institusi sesuai yang diharapkan.

(Reportase by Sugiyatno)