bio.fsm.undip.ac.id. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu program unggulan bergengsi yang dilaunchingkan oleh DIKTI dalam bentuk berbagai skim kompetisi ilmiah. Departemen Biologi sebagai bagian unit penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi di Undip berupaya memaksimalkan capaian target PKM bagi mahasiswa, maka pada Sabtu (25/9) Departemen Biologi menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal PKM Kewirausahaan yang berorientasi PIMNAS. Workshop ini diharapkan dapat memberikan strategi  dan kiat kiat sukses dalam penyusunan proposal PKM Kewirausahaan sehingga menghasilkan proposal  yang tidak saja baik, tapi harus menarik, kreatif dan inovatif,  serta  lolos dalam pendanaan Kemenristekdikti, dan selanjutnya berhasil lolos dalam seleksi  PIMNAS.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FSM yaitu Prof. Dr. Kusworo Adi, SSi, MT yang mewakili Pimpinan FSM Undip. Sementara itu pada jeda sebelum acara dimulai oleh Narasumber, Ibu Dekan FSM Undip Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara Workshop PKM yang diselenggarakan oleh Departemen Biologi ini. Pimpinan Fakultas mengharapkan mahasiswa Biologi dan FSM pada umumnya semakin bersemangat untuk meningkat capaian prestasi dari kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa tersebut.

Ketua Departemen Biologi FSM Undip, Prof. Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si,Ph.D yang juga memberikan sambutan pada kegiatan ini juga menyampaikan terimakasih kepada Narasumber dan peserta yang telah bersedia mendukung upaya Departemen Biologi meningkatkan target Proposal PKM agar lolos kompetisi nasional. Prof. Sapto menyampaikan bahwa Departemen Biologi akan mengupayakan capaian prestasi mahasiswa dengan menyelenggarakan pelatihan dan event – event yang diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk menuliskan ide – ide nya dalam tulisan karya ilmiah seperti PKM.

Narasumber pada Workshop ini yaitu Dr. Bandung Arry S., MI. Komp dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, beliau memaparkan materi yang sangat inspiratif bagi peserta. Dr. Bandung menyampaikan penjelasan tentang kategori PKM Dikti lengkap dengan tahapan proses yang harus diikuti oleh mahasiswa peserta kompetisi. Selanjutnya dalam upaya untuk meraih capaian lolos PIMNAS. Dr. Bandung juga memaparkan tips dan Trik kepada mahasiswa yang berminat untuk menindaklanjuti Workshop ini dalam penulisan proposal PKM agar mempertimbangkan sekaligus untuk target capaian lolos PIMNAS. Pada sesi diskusi juga dicontohkan salah satu proposal PKM yang disusun oleh Mahasiswa Prodi S1 Biologi untuk menjadi bahan pendampingan penyusunan Proposal.

Dalam upaya meningkatkan semangat mahasiswa peserta Workshop ini, panitia secara khusus juga memberikan kesempatan kepada salah satu mahasiswa Biologi yang berhasil lolos pendanaan PKM yaitu Silvana Nurulfauziyyah Indahsari. Sesi sharing ini dipaparkan oleh Silvana tentang kiat – kiat menumbuhkan ide PKM dan hal – hal lain yang sangat diperlukan oleh mahasiswa untuk mengatur strategi agar bisa lolos kompetisi PKM.

Sesi penutupan disampaikan oleh Sekretaris Program Studi S1 Biologi yaitu Dr. Sri Darmanti, M.Si, beliau menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Narasumber, peserta dan panitia yang telah mendukung terselenggaranya acara workshop penyusunan Proposal PKM ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Apresiasi khusus untuk acara ini karena di waktu yang sama sedang berlangsung beberapa kegiatan mahasiswa lainnya, namun acara Workshop PKM di Biologi masih tetap berjalan dengan peserta yang cukup banyak dan menunjukkan antusiasme.

Berikut rekaman acara dan materi dar Narasumber.

Rekaman : youtube (segera tayang)

Materi : download

Semoga bermanfaat. (Gie-Biologi)