bio.fsm.undip.ac.id. Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang menyelenggarakan Diskusi Ilmiah Online Seri 2 dengan tema “Bioprospeksi dan Bioekonomi Keanekaragaman Hayati Indonesia” pada Sabtu (18/9) diikuti peserta dari penjuru tanah air. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari program kuliah umum Departemen Biologi secara berseri dengan tujuan untuk menambah wawasan civitas akademika dan masyarakat umum sehubungan dengan bidang kajian Biologi.

Narasumber Diskusi Ilmiah Online Seri 2 ini yaitu Prof, Dr. rer.nat Fredy Kurniawan, S.Si, M.Si dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Prof. Dr. Ir. Lisdar A. Manaf dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Kedua narasumber memaparkan materi dengan sangat istimewa sehingga antusiasme peserta nampak dari sesi diskusi yang menunjukkan banyak pertanyaan seputar materi Diskusi Ilmiah Online ini. Prof. Fredy (ITS) memberikan motivasi kepada peserta untuk mengamati fenomena sekitar agar muncul inovasi dan mampu mengangkat potensi biodiversitas tanaman tropis di Indonesia. Prof Fredy memberikan contoh produk lokal yaitu pengolahan tepung dari Umbi Porang yang memiliki nilai ekonomis dan potensi industrialisasi pengembangan produk. Sedangkan Prof. Lisdar (IPB) memaparkan keanekaragaman jamur dan liken serta potensinya untuk penerapan pada dunia industri khususnya dalam pemanfaatannya untuk kebutuhan  pangan, kesehatan dan potensi lainnya.

Keanekaragaman hayati di negeri ini perlu kita syukuri dengan cara mengeksplore lebih jauh untuk dikembangkan dan dimanfaatkan bagi kemakmuran masyarakat. Segenap civitas akademika (mahasiswa, dosen dan peneliti) perlu senantiasa berinovasi agar produk – produk hayati lokal negeri ini memiliki nilai tambah secara ekonomis sehingga riset – riset di masa yang akan datang mampu berkontribusi secara nyata bagi kebaikan umat manusia. (Gie-Bio)

Rekaman acara full : silahkan klik