Informasi Pelaksanaan teknis kuliah semester Gasal 2020/2021 bagi mahasiswa Departemen Biologi :

1. Pelaksanaan kuliah

a. Mahasiswa Baru (angkatan 2020) kuliah dimulai pada tanggal 8 September 2020. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum Merdeka 2020. Jadwal kuliah sesuai yang terdaftar pada SIAP.

b. Mahasiswa lama (angkatan 2019,2018,2017) kuliah dimulai pada tanggal 24 Agustus 2020 (lihat jadwal di SIAP) mengikuti kurikulum 2017 full.

c. Mahasiswa lama (angkatan 2016,2015,2014) kuliah dimulai pada tanggal 24 Agustus 2020 (lihat jadwal di SIAP) mengikuti kurikulum 2012 sesuai ketentuan (Pedoman pelaksanaan kurikulum yang diberlakukan di Departemen Biologi) klik.

d. Mahasiswa lama (point a dan b) jika mengulang matakuliah semester I, maka kegiatan perkuliahan dilaksanakan terpisah dengan mahasiswa baru, Mahasiswa mengikuti jadwal sesuai yang tertulis pada SIAP. Dosen Pengampu kelas matakuliah juga sesuai dengan yang terdapat pada SIAP. Kegiatan kuliah dimulai tanggal 24 Agustus 2020 (Sesuai Jadwal SIAP).

e. Matakuliah Pilihan Kode PIL (kurikulum 2017) dan kode PIL-U (kurikulum 2012) pelaksanaan perkuliahan digabung menjadi satu waktu (sesuai jadwal di SIAP). Dosen Pengampu sama. Kuliah dimulai tanggal 24 Agustus 2020 (sesuai jadwal di SIAP).

f. Setiap kelas matakuliah diharapkan ada satu mahasiswa yang bersedia menjadi Koordinator Matakuliah, silahkan mendaftar di link : https://s.id/kormat-biologi . Kormat wajib aktif berkomunikasi dengan dosen pengampu dan menyampaikan informasi ke mahasiswa peserta kelas matakuliah lainnya.

g. Mahasiswa peserta kelas matakuliah agar selalu aktif berkomunikasi dengan Kormat (Koordinator Matakuliah) yang dapat dilihat pada link berikut : http://s.id/daftar-kormat

h. Pelaksanaan kuliah online dilaksanakan melalui KULON UNDIP dan memungkinkan juga masih memanfaatkan Ms. Teams di SSO. Silahkan Kormat berkoordinasi dengan Dosen Pengampu kelas matakuliah. Kode kelas KULON UNDIP maupun Ms Teams tersedia di link berikut : https://s.id/enroll-kulon-mahasiswa-bioundip (Jika kode enroll (kulon Undip) dan Teams Code belum terdapat pada daftar tersebut, Kormat dapat menghubungi dosen pengampu.

i. Mahasiswa WAJIB mengisi Presensi (Kehadiran) pada kelas perkuliahan yang dishare oleh Dosen Pengampu. Jika mahasiswa mengalami kendala absen pada SIAP, silahkan lapor/hubungi Dosen Pengampu kelas yang diikuti. Mulai Semester ini link gagalabsen (seperti semester yang lalu) sudah tidak tersedia. Perhatikan dan cermati ketentuan tentang batas minimal kehadiran mahasiswa di kelas yaitu minimal 75 % dari keseluruhan tatapmuka. Jika presensi mahasiswa kurang dari 75 %, maka nilai matakuliah tidak dapat diinput oleh Dosen.

2. Pelaksanaan Praktikum

a. Mahasiswa wajib mengisi presensi (kehadiran) sesuai jadwal pada SIAP. Mekanisme seperti pada saat kuliah.

b. Mahasiswa lama yang mengulang matakuliah terdapat Praktikum, maka mahasiswa tetap WAJIB mengikuti kegiatan Praktikum mengulang terutama presensi (kehadiran). Perhatikan dan cermati ketentuan tentang batas minimal kehadiran mahasiswa di kelas yaitu minimal 75 % dari keseluruhan tatapmuka. Jika presensi mahasiswa kurang dari 75 %, maka nilai matakuliah tidak dapat diinput oleh Dosen. Matakuliah dan Praktikum tidak dapat dipisah. Jika terjadi kendala, silahkan hubungi dosen pengampu masing-masing.

c. Teknis pelaksanaan Praktikum dapat dikoordinasikan dengan Dosen Pengampu Praktikum.

d. Cara membaca/membedakan Jadwal Kuliah dan Praktikum pada SIAP yaitu dengan melihat durasi waktu pelaksanaan.
Kuliah 1 sks = 50 menit
Kuliah 2 sks = 100 menit.
Kuliah 3 sks = 150 menit.
Praktikum 1 sks = 170 menit

Terkait hal teknis yang belum jelas, silahkan hubungi Sekretariat Departemen Biologi https://s.id/Layanan-WA-Bioundip

Adapun jika terdapat informasi teknis lainnya yang terbaru, akan kami sampaikan berikutnya (jika dirasa perlu).

Semoga bermanfaat. Terimakasih.