bio.fsm.undip.ac.id – Diskusi Ilmiah Online Seri 9 dengan tema “Potensi Tanaman Obat Indonesia Sebagai Agen Sitotoksik Sel Kanker Melalui In Vitro” telah sukses dilaksanakan pada 25 Maret 2023. Acara ini bertujuan untuk mendalami dan mengkaji potensi tanaman obat Indonesia dalam menghambat pertumbuhan sel kanker melalui pendekatan in vitro. Diskusi ini dihadiri oleh para ahli di bidangnya, dengan narasumber Dr. Marissa Angelina, M.Farm, Apt., dari Pusat Riset Bahan Baku Obat-obat Tradisional BRIN dan dipandu oleh Dr. Yulita Nurchayati, S.Si, M.Si, yang bertindak sebagai moderator.

Materi yang disampaikan dalam diskusi mencakup aspek kanker, termasuk faktor penyebab dan jenis-jenisnya, kemoterapi serta patofisiologi kanker. Selain itu, materi juga memfokuskan pada senyawa-senyawa antikanker yang dapat ditemukan dalam tanaman obat dan metode isolasi serta ekstraksi senyawa-senyawa tersebut.

Tema diskusi ini sangat relevan dengan mata kuliah di Departemen Biologi yaitu Biologi Tumbuhan Obatterkait eksplorasi dan studi tanaman obat di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan aspek biologi seperti taksonomi, organ yang memiliki senyawa bioaktif yang dapat dimanfaatkan, serta teknik isolasi dan ekstraksi yang penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan tanaman obat sebagai potensi agen sitotoksik sel kanker.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam kepada peserta mengenai potensi besar tanaman obat Indonesia dalam pengembangan obat antikanker. Selain itu, diharapkan pula diskusi ini akan mendorong penelitian lebih lanjut dan kolaborasi di bidang ini, untuk memaksimalkan kontribusi tanaman obat Indonesia dalam pengobatan kanker.

Diskusi ini dapat disaksikan kembali melalui platform youtube.

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?