bio.fsm.undip.ac.id. Skripsi Gendis Angger Pitaloka (NIM. 24020118190141) membuktikan bahwa tikus memiliki kognisi visual. Tikus dapat membedakan antara bentuk segitiga dan persegi dengan metode two-alternative forced choice (2AFC), dimana bentuk persegi diasosiasikan dengan hadiah dan bentuk segitiga dengan hukuman. Melalui pelatihan, Tikus memiliki retensi memori dari bentuk yang menghasilkan reaksi cepat terhadap bentuk yang “benar”.

Selain itu, ada korelasi antara glukosa dan kinerja tikus. Sepanjang penelitian, tikus diberikan perlakuan pengurangan pakan hingga kadar tertentu. Kadar glukosa darah diperiksa selama pelatihan serta sesi tes. Hasilnya, ada korelasi antara performa tikus dengan kadar glukosa darah tikus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tikus dapat membedakan bentuk dengan bantuan motivasi untuk mendapatkan makanan guna mempertahankan kadar glukosa yang optimal.

Penelitian ini telah berhasil mengantarkan Gendis memperoleh gelar sarjana sains dan telah dipertangungjawabkan pada ujian Sidang tugas akhir pada 7 Februari 2023 dibawah bimbingan Dr. Dra. Agung Janika Sitasiwi, M.Si., dan Dr. Kasiyati, S.Si., M.Si. serta Dr. Teguh Suprihatin, S.Si., M.Si. sebagai penguji. Gendis adalah mahasiswa Biologi pada kelas Internasional Undergraduate Program (IUP) angkatan pertama yang lulus Cumlaude dengan nilai IPK sempurna. Selamat dan sukses untuk Gendis.

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?