Dengan ini disampaikan informasi kepada Segenap Civitas Akademika Program Studi S1 Biologi sehubungan dengan pengisian IRS Gasal 2022/2023.

Peraturan Rektor Universitas Diponegoro nomor 4 tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Program Sarjana Universitas Diponegoro  Download

Informasi lebih rinci terkait pengisian IRS dapat dilihat sesuai table di bawah ini :

Mahasiswa AngkatanKeterangan
Informasi Umum
(Untuk Seluruh angkatan)
1. Pelaksanaan pembelajaran semester Gasal 2022/2023 Prodi S1 Biologi mengikuti ketentuan yang berlaku pada Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro. Saat ini seluruh jadwal matakuliah Prodi S1 Biologi sudah disiapkan pola perkuliahan secara offline/ Luring di ruang kelas Kampus FSM Undip. Adapun kepastian pelaksanaan kuliah akan mengikuti kebijakan lebih lanjut dari Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Surat Edaran Rektor tentang Metode Perkuliahan Semester Gasal 2022/2023 sebagaimana pada surat berikut Download

2. Kurikulum Prodi S1 Biologi yang berlaku pada SIAP ada 3 kategori yaitu Kurikulum 2012, kurikulum 2017 dan Kurikulum Merdeka 2020.

a. Kurikulum 2012 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2016

b. Kurikulum 2017 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019.

c. Kurikulum Merdeka 2020 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2020 , 2021 dan 2022


3. Matakuliah yang nama dan jumlah SKS sama maka akan disetting menjadi kelas gabungan (Berlaku untuk semua kategori Kurikulum). Contoh : Matakuliah Biologi Umum I 3 sks (K2012) kelasnya digabung dengan Biologi Dasar I 3 sks (K2017) dan Biologi Dasar I 3 sks (KM2020).

4. Jumlah maksimal peserta pada setiap kelas yaitu mengikuti jumlah kuota pada SIAP, jika peserta lebih dari kuota ruang kelas maka dimungkinkan akan dibentuk kelas tambahan. Sementara ini untuk matakuliah Wajib ditawarkan dengan menyesuaikan jumlah peserta matakuliah per angkatan (sebagaimana yang terdapat pada SIAP). Matakuliah pilihan ditawarkan 1 kelas.

5. Mahasiswa yang mengambil matakuliah perbaikan/ mengulang, Pertimbangkan jadwal kuliah agar efektif dan efisien. Mahasiswa yang mengulang/ perbaikan matakuliah yang terdapat Praktikumnya, maka mahasiswa yang bersangkutan TETAP WAJIB mengikuti kegiatan Praktikum mengikuti arahan dosen pengampu. Jumlah kehadiran mahasiswa sebagai syarat ujian (UTS/UAS) yaitu minimal 75 % termasuk kehadiran Praktikum (otomatis terecord pada sistem SIAP).

6. Khusus Mahasiswa IUP yang ingin mengulang/perbaikan matakuliah, harap menghubungi Sekretariat Departemen Biologi setelah konsultasi dengan Dosen Wali. Jika matakuliah yang dipilih perbaikan belum tersedia pada jadwal / pada akun SIAP, silahkan disampaikan kepada Sekretariat Departemen Biologi.

7. Informasi kode nama kelas yang terdapat pada SIAP :

- A (nama kelas matakuliah Wajib paralel A sesuai kurikulum yang diikuti)

- B (nama kelas matakuliah Wajib paralel B sesuai kurikulum yang diikuti)

- IUP (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- IUP - M (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020)

- PIL (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - U (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2012)

- PIL - I (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - M (nama kelas Matakuiiah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa Reguler yang menempuh kurikulum Merdeka 2020)

- P-I-M (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020)

- P2012 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2012 untuk perbaikan)

- P2017 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2017 untuk perbaikan)

8. Kalender Akademik FSM Undip Semester Gasal 2022/2022 (menunggu link).

9. Pertanyaan dan permasalahan IRS (akademik) dapat ditanyakan di form berikut bio.fsm.undip.ac.id/v1/helpdesk
Angkatan 2022 (Mahasiswa Baru)
(Reguler dan IUP)
Informasi lengkap akan disampaikan pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru
Angkatan 2020, 2021
(Reguler dan IUP)
Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

8. Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

KHUSUS Distribusi Matakuliah untuk Kurikulum Merdeka 2020 (KM2020) silahkan lihat tabel download

9. Mahasiswa Biologi angkatan 2020 dan angkatan 2021 secara penuh mengikuti kurikulum Merdeka 2020, kode matakuliah yang diambil sesuai yang tersedia pada SIAP.

10. Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) untuk Mahasiswa angkatan angkatan 2021 (semester III) dan angkatan 2020 (semester V) : Silahkan pilih kelas A atau B atau C atau D yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Biodiversitas Tumbuhan pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A. Atau pilih kelas yang memungkinkan bisa dipilih di SIAP dan jadwal bisa dipilih.

11. Mahasiswa IUP (angkatan 2020 & 2021) memilih kelas "IUP-M" pada setiap matakuliah WAJIB yang diambil. nama kelas matakuliah Pilihan yaitu "P-I-M".

12. Jadwal Kuliah Semester Gasal 2022/2023 silahkan dilihat di menu SIAP atau versi All (menyusul)

13. Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

14. Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.

15. Mahasiswa Semester III yang memiliki kesempatan untuk mengambil matakuliah sebanyak 24 sks maka dapat memilih matakuliah wajib semester V (sesuai kelas yang dapat dipilih di SIAP).

16. Mahasiswa Semester V yang memiliki kesempatan untuk mengambil matakuliah sebanyak 24 sks maka dapat memilih matakuliah Wajib semester VII yang memenuhi syarat atau maksimalkan matakuliah Pilihan yang dapat dipilih di SIAP.
2017, 2018 dan 2019 (Reguler dan IUP)Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

Mahasiswa Biologi angkatan 2017, 2018 dan 2019 secara penuh mengikuti kurikulum 2017, kode matakuliah yang diambil yaitu ABL. Khusus mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 AGAR TIDAK MEMILIH kode PAB pada matakuliah yang tersedia pada sistem SIAP.

Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) :

1. Mahasiswa angkatan 2019 (Semester VII), Silahkan pilih kelas A atau B yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Evolusi pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A atau pilih kelas yang bisa dipilih di SIAP.

2. Mahasiswa angkatan 2018 dan angkatan 2017 yang mengulang dengan Perbaikan maka dapat memilih matakuliah yang memunginkan dapat dipilih (pertimbangan secara sks dan jadwal). Daftar matakuliah yang tayang di SIAP sesuai hasil request sebagaimana formulir yang pernah di share.

4. Mahasiswa IUP (angkatan 2018 dan 2019) memilih kelas "IUP" pada setiap matakuliah WAJIB yang diambil.

5. Mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 yang mengikuti Program MBKM pada Semester Genap 2021/2022 (semester yang lalu) mohon ditunggu nilai konversi hingga tersedia di KHS. Nilai MBKM semester Genap 2021/2022 sedang diproses Tim Akademik Prodi dan Fakultas. Syarat nilai MBKM dapat dikonversi yaitu mahasiswa telah mengumpulkan laporan MBKM ke Prodi dan telah dinyatakan memenuhi syarat oleh Dosen Pembimbing Akademik MBKM terkait.

6. Mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 yang akan mengikuti MBKM pada semester Gasal 2022/2023 (akan berjalan semester ini) dan telah dinyatakan lolos seleksi harap segera memproses pendaftaran MBKM di Prodi dan cermati informasi menu MBKM berikut : bio.fsm.undip.ac.id/v1/akademik/mbkm/

Jadwal Kuliah Semester Gasal 2022/2023 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat versi All (menyusul).

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.

Mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 WAJIB mengisi formulir Perkembangan Studi dan dikumpulkan ke Departemen Biologi. Formulir download di link
2016 Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Mengisi IRS dengan matakuliah sesuai pedoman, silahkan download link

Panduan Akademik kurikulum 2012 : silahkan download

Khusus matakuliah wajib pilih kode PAB dan pelaksanaan perkuliahan menyesuaikan jadwal (kurikulum 2017) cermati pedoman.

Matakuliah Pilihan silahkan ambil matakuliah yang kodenya ABL.

Jadwal Kuliah Semester Gasal 2022/2023 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat versi All (Menyusul).

Mahasiswa angkatan 2016 WAJIB mengisi formulir Perkembangan Studi dan dikumpulkan ke Departemen Biologi. Formulir download di link

Khusus mahasiswa angkatan 2016 Formulir Perkembangan Studi dikumpulkan ke Sekretariat Departemen Biologi paling lambat tanggal 24 Agustus 2022 (Karena sudah Rawan DO). Dikirim via kurir (POS dll) dengan alamat : Sekretariat Departemen Biologi FSM Universitas Diponegoro Semarang Jalan Prof. Jacob Rais, Kampus Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang 50275

Khusus mahasiswa angkatan 2016 berkesempatan untuk menyelesaikan studi hingga akhir semester genap 2022/2023 (sebelum tanggal 30 Juni 2023) atau mengikuti ketentuan yang berlaku. SANGAT DISARANKAN kepada mahasiswa angkatan 2016 untuk segera menyelesaikan studi pada semester Gasal 2022/2023 ini.

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (save pdf) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?