bio.fsm.undip.ac.id. Sumber karbon merupakan faktor biaya utama dalam media kultivasi khamir. Biaya yang terlalu tinggi dikhawatirkan dapat berimbas dalam produksi biodiesel di skala industri nantinya. Oleh karena itu, dibutuhkan eksplorasi sumber karbon yang murah dalam menghasilkan lipid ekonomis untuk biodiesel, seperti misalnya dari jus sorgum. Hal inilah yang menjadi pertimbangan penting bagi Mauritz Nicolaas Wattimena untuk melakukan penelitian tugas akhir di Prodi S1 Biologi. Penelitian mahasiswa Biologi yang lebih akrab dipanggil Mauritz atau Nico ini bertujuan untuk megidentifikasi, menganalisis, dan menentukan komposisi jus sorgum yang sekiranya dapat dimanfaatkan sebagai media produksi biodiesel oleh khamir oleaginous Candida orthopsilosis InaCC Y-302 dan Candida oleophila InaCC Y-306.

Dengan modal semangat meneliti dan kerja keras yang telah didedikasikannya, Mauritz pada akhirnya mampu mengungkap adanya peningkatan kemampuan akumulasi lipid untuk biodiesel dari kedua strain khamir yang dikulturkan pada medium berkomposisi sumber karbon glukosa dengan tambahan jus sorgum dibandingkan dengan yang hanya dikulturkan pada medium berkomposisi glukosa saja.

Penelitian Mauritz ini diajukan sebagai bagian dari tugas akhir dan telah dipertanggungjawabkan secara akademik melalui ujian sidang pada tanggal 12 April 2023 yang lalu. Dengan tim Penguji tugas akhir yaitu Dr. Drs. Wijanarka, M.Si., Prof. Dr. I Made Sudiana, M.Sc. dari Pusat Riset Mikrobiologi Terapan BRIN, dan Ketua Penguji Dr. Dra. Endang Kusdiyantini, DEA, Mauritz telah mendapatkan banyak saran dan masukan pada penelitian yang dilakukannya.

Melalui tugas akhirnya, Mauritz berharap agar ke depannya penelitiannya ini dapat memberikan peluang pengembangan, bahan kajian lebih lanjut, sekaligus sebagai pijakan dan referensi bagi para peneliti dan pelaku industri terkait dalam mengoptimalisasi pemanfaatan jus sorgum sebagai media produksi biodiesel alternatif oleh khamir oleaginous.

Selamat dan sukses untuk Mauritz Nicolaas Wattimena yang telah berhasil melewati serangkaian proses pembelajaran pada Program Studi S1 Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Semoga ilmunya bermanfaat dan berkontribusi dalam memajukan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negeri ini. 

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?