Informasi registrasi akademik semester Genap 2021/2022 Program Studi S1 Biologi

Peraturan Rektor Universitas Diponegoro nomor 4 tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Program Sarjana Universitas Diponegoro  Download

Dengan ini disampaikan informasi kepada Segenap Civitas Akademika Program Studi S1 Biologi sehubungan dengan pengisian IRS Genap.

Mahasiswa AngkatanKeterangan
Angkatan 2020, 2021
(Reguler dan IUP)
Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

8. Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

KHUSUS Distribusi Matakuliah untuk Kurikulum Merdeka 2020 (KM2020) silahkan lihat tabel download

9. Mahasiswa Biologi angkatan 2020 dan angkatan 2021 secara penuh mengikuti kurikulum Merdeka 2020, kode matakuliah yang diambil sesuai yang tersedia pada SIAP.

10. Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) untuk Mahasiswa angkatan angkatan 2021 (semester II) dan angkatan 2020 (semester IV) : Silahkan pilih kelas A atau B atau C yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Biokimia pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A. Atau pilih kelas yang memungkinkan bisa dipilih di SIAP dan jadwal bisa dipilih.

11. Mahasiswa IUP (angkatan 2020 & 2021) memilih kelas "IUP-M" pada setiap matakuliah yang diambil.

12. Jadwal Kuliah Semester Genap 2021/2022 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat disini

13. Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

14. Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.

15. Mahasiswa Semester II yang memiliki kesempatan untuk mengambil matakuliah sebanyak 24 sks maka dapat memilih matakuliah Histologi dan atau Ilmu Lingkungan (sesuai kelas yang dapat dipilih di SIAP).

16. Mahasiswa Semester IV yang memiliki kesempatan untuk mengambil matakuliah sebanyak 24 sks maka dapat memilih matakuliah Wajib semester VI yang memenuhi syarat (Informasi menyusul).
2017, 2018 dan 2019 (Reguler dan IUP)Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

Mahasiswa Biologi angkatan 2017, 2018 dan 2019 secara penuh mengikuti kurikulum 2017, kode matakuliah yang diambil yaitu ABL. Khusus mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 AGAR TIDAK MEMILIH kode PAB pada matakuliah yang tersedia pada sistem SIAP.

Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) :

1. Mahasiswa angkatan 2019 (Semester VI), Silahkan pilih kelas A atau B yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Biologi Laut pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A.

2. Mahasiswa angkatan 2018 dan angkatan 2017 yang mengulang dengan Perbaikan maka dapat memilih matakuliah yang memunginkan dapat dipilih (pertimbangan secara sks dan jadwal).

4. Mahasiswa IUP (angkatan 2018 dan 2019) memilih kelas "IUP" pada setiap matakuliah yang diambil.

5. Mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 yang mengikuti Program MBKM pada Semester Gasal 2021/2022 mohon ditunggu nilai konversi hingga tersedia di KHS. Nilai MBKM semester Gasal 2021/2022 sedang diproses Tim Akademik Prodi dan Fakultas.

6. Mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 yang akan mengikuti MBKM pada semester Genap 2021/2022 dan telah dinyatakan lolos seleksi harap segera memproses pendaftaran MBKM di Prodi dan cermati informasi menu MBKM berikut : bio.fsm.undip.ac.id/v1/akademik/mbkm/

Jadwal Kuliah Semester Genap 2021/2022 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat disini

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.

Mahasiswa angkatan 2017 WAJIB mengisi formulir Perkembangan Studi dan dikumpulkan ke Departemen Biologi. Formulir download di link
2015 dan 2016 Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Mengisi IRS dengan matakuliah sesuai pedoman, silahkan download link

Panduan Akademik kurikulum 2012 : silahkan download

Khusus matakuliah wajib pilih kode PAB dan pelaksanaan perkuliahan menyesuaikan jadwal (kurikulum 2017) cermati pedoman.

Matakuliah Pilihan silahkan ambil matakuliah yang kodenya ABL.

Jadwal Kuliah Semester Genap 2021/2022 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat disini

Mahasiswa angkatan 2016 dan 2015 WAJIB mengisi formulir Perkembangan Studi dan dikumpulkan ke Departemen Biologi. Formulir download di link

Khusus mahasiswa angkatan 2015 Formulir Perkembangan Studi dikumpulkan ke Sekretariat Departemen Biologi paling lambat tanggal 15 Februari 2022 (Karena sudah Rawan DO). Dikirim via kurir (POS dll) dengan alamat : Sekretariat Departemen Biologi FSM Universitas Diponegoro Semarang Jalan Prof. H. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang 50275

Khusus mahasiswa angkatan 2015 kesempatan untuk menyelesaikan studi hanya semester genap 2021/2022 saat ini saja (sebelum tanggal 30 Juni 2022) atau mengikuti ketentuan yang berlaku.

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (save pdf) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.
Informasi Umum
(Untuk Seluruh angkatan)
1. Pelaksanaan pembelajaran semester Genap 2021/2022 di Universitas Diponegoro mengikuti ketentuan dari Undip. Jika ada kebijakan pelaksanakan perkuliahan/ Praktikum Luring dan atau hibryd maka akan diinformasikan segera (menyusul).

2. Kurikulum Prodi S1 Biologi yang berlaku pada SIAP ada 3 kategori yaitu Kurikulum 2012, kurikulum 2017 dan Kurikulum Merdeka 2020.

a. Kurikulum 2012 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2016 dan 2015

b. Kurikulum 2017 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019.

c. Kurikulum Merdeka 2020 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021


3. Matakuliah yang nama dan jumlah SKS sama maka akan disetting menjadi kelas gabungan (Berlaku untuk semua kategori Kurikulum). Contoh : Matakuliah Biologi Umum II 3 sks (K2012) kelasnya digabung dengan Biologi Dasar II 3 sks (K2017) dan Biologi Dasar II 3 sks (KM2020).

4. Jumlah maksimal peserta pada setiap kelas yaitu 75 mahasiswa, jika peserta lebih dari 75 mahasiswa maka dimungkinkan akan dibentuk kelas tambahan. Sementara ini untuk matakuliah Wajib ditawarkan dengan menyesuaikan jumlah peserta matakuliah per angkatan (sebagaimana yang terdapat pada SIAP). Matakuliah pilihan ditawarkan 1 kelas.

5. Mahasiswa yang mengambil matakuliah perbaikan/ mengulang, Pertimbangkan jadwal kuliah agar efektif dan efisien. Mahasiswa yang mengulang/ perbaikan matakuliah yang terdapat Praktikumnya, maka mahasiswa yang bersangkutan TETAP WAJIB mengikuti kegiatan Praktikum mengikuti arahan dosen pengampu. Jumlah kehadiran mahasiswa sebagai syarat ujian (UTS/UAS) yaitu minimal 75 % termasuk kehadiran Praktikum (otomatis terecord pada sistem SIAP).

6. Khusus Mahasiswa IUP yang ingin mengulang/perbaikan matakuliah, harap menghubungi Sekretariat Departemen Biologi setelah konsultasi dengan Dosen Wali. Jika matakuliah yang dipilih perbaikan belum tersedia pada jadwal / pada akun SIAP, silahkan disampaikan kepada Sekretariat Departemen Biologi.

7. Informasi kode nama kelas yang terdapat pada SIAP :

- A (nama kelas matakuliah Wajib paralel A sesuai kurikulum yang diikuti)

- B (nama kelas matakuliah Wajib paralel B sesuai kurikulum yang diikuti)

- IUP (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- IUP - M (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020)

- PIL (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - U (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2012)

- PIL - I (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - M (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020) (Saat ini belum ada)

- P2012 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2012 untuk perbaikan)

- P2017 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2017 untuk perbaikan)

8. Kalender Akademik FSM Undip Semester Genap 2021/2022 Klik

9. Pertanyaan dan permasalahan IRS (akademik) dapat ditanyakan di form berikut bio.fsm.undip.ac.id/v1/helpdesk
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?