Mahasiswa AngkatanKeterangan
Angkatan 2021
(Reguler dan IUP)
IRS akan diproses otomatis dari SIAP (Paket semester I)

Mahasiswa 2021 disarankan untuk mempelajari sistem operasi aplikasi SIAP sebagaimana Penjelasan pada saat kegiatan Penerimaan mahasiswa Baru tahun 2021/2022.

Pengenalan mekanisme perkuliahan silahkan klik
Angkatan 2020
(Reguler dan IUP)
Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

8. Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

KHUSUS Distribusi Matakuliah untuk Kurikulum Merdeka 2020 (KM2020) silahkan lihat tabel download

9. Mahasiswa Biologi angkatan 2020 secara penuh mengikuti kurikulum Merdeka 2020, kode matakuliah yang diambil sesuai yang tersedia pada SIAP.

10. Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) untuk Mahasiswa angkatan 2020 (semester III) : Silahkan pilih kelas A atau B yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Fisiologi Tumbuhan pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A.

11. Mahasiswa IUP (angkatan 2020) memilih kelas "IUP-M" pada setiap matakuliah yang diambil.

12. Jadwal Kuliah Semester Gasal 2021/2022 silahkan dilihat di menu SIAP atau jadwal kesuluruhan dilihat disini

13. Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

14. Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.
2017, 2018 dan 2019 (Reguler dan IUP)Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Sebelum memilih matakuliah, silahkan cermati Panduan Akademik kurikulum 2017 : silahkan download

Mahasiswa Biologi angkatan 2017, 2018 dan 2019 secara penuh mengikuti kurikulum 2017, kode matakuliah yang diambil yaitu ABL. Khusus mahasiswa angkatan 2017, 2018 dan 2019 AGAR TIDAK MEMILIH kode PAB pada matakuliah yang tersedia pada sistem SIAP.

Pembagian Kelas Perkuliahan Prodi S1 Biologi (Matakuliah Wajib Paralel) :

1. Mahasiswa angkatan 2019 (Semester V), Silahkan pilih kelas A atau B yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Mikroteknik Hewan pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A. Jika mahasiswa angkatan 2019 perbaikan matakuliah wajib untuk semester I dan III maka nama kelas P2017.

2. Mahasiswa angkatan 2018 (Semester VII) : Silahkan pilih kelas A atau B yang tersedia pada SIAP. DISARANKAN agar kelas yang dipilih seragam untuk seluruh matakuliah. Contoh : Jika matakuliah Evolusi pilih kelas A maka matakuliah yang lain juga memilih kelas A. Jika mahasiswa angkatan 2018 perbaikan matakuliah wajib untuk semester I ,III, dan V maka nama kelas P2017.

3. Mahasiswa IUP (angkatan 2018 dan 2019) memilih kelas "IUP" pada setiap matakuliah yang diambil atau IUP-U untuk matakuliah yang mengulang.

4. Mahasiswa angkatan 2017 (semester IX), jika melakukan Perbaikan matakuliah Wajib maka nama kelas matakuliahnya yaitu P2017.

Jadwal Kuliah Semester Gasal 2021/2022 silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat di sini

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (PDF) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.
2015 dan 2016 Mengisi IRS melalui SIAP (Akun SSO) :

1. Pastikan mahasiswa memiliki akun SSO

2. Pastikan mahasiswa telah melakukan herreggistrasi melalui SSO

3. Pengisian IRS dilakukan dengan sistem SIAP

4. SIAP dapat di akses melalui Klik
atau pada aplikasi SIAP versi android.

5. Tutorial install aplikasi SIAP versi android klik

6. Pengisian IRS versi website
klik

7. Pengisian IRS Versi aplikasi android
Klik

Mengisi IRS dengan matakuliah sesuai pedoman, silahkan download link

Panduan Akademik kurikulum 2012 : silahkan download

Khusus matakuliah wajib pilih kode PAB dan pelaksanaan perkuliahan menyesuaikan jadwal (kurikulum 2017) cermati pedoman.

Matakuliah Pilihan silahkan ambil matakuliah yang kodenya ABL.

Jadwal Kuliah Semester Gasal 2021/2022, silahkan dilihat di menu SIAP atau dilihat di sini

Mahasiswa angkatan 2016 dan 2015 WAJIB mengisi formulir Perkembangan Studi dan dikumpulkan ke Departemen Biologi. Formulir download di link

Khusus mahasiswa angkatan 2015 Formulir Perkembangan Studi dikumpulkan ke Sekretariat Departemen Biologi paling lambat tanggal 23 Agustus 2021 (Karena sudah Rawan DO). Dikirim via kurir (POS dll) dengan alamat : Sekretariat Departemen Biologi FSM Universitas Diponegoro Semarang Jalan Prof. H. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang 50275

Silahkan hubungi Dosen Wali untuk Bimbingan Akademik. Jika IRS sudah diisi lengkap, silahkan menghubungi dosen wali agar diberikan Approval (Persetujuan). Setelah IRS disetujui Dosen Wali, Mahasiswa WAJIB mencetak IRS sebagai bukti (dokumen) telah mengisi IRS.

Pastikan Mahasiswa juga memiliki ARSIP KHS semester sebelumnya (save pdf) sebagai antisipasi jika dikemudian hari terdapat masalah administrasi akademik.
Informasi Umum
(Untuk Seluruh angkatan)
1. Kurikulum Prodi S1 Biologi yang berlaku pada SIAP ada 3 kategori yaitu Kurikulum 2012, kurikulum 2017 dan Kurikulum Merdeka 2020.

a. Kurikulum 2012 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2016 dan 2015

b. Kurikulum 2017 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019.

c. Kurikulum Merdeka 2020 dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021

2. Matakuliah yang nama dan jumlah SKS sama maka akan disetting menjadi kelas gabungan (Berlaku untuk semua kategori Kurikulum). Contoh : Matakuliah Biologi Umum II 3 sks (K2012) kelasnya digabung dengan Biologi Dasar II 3 sks (K2017) dan Biologi Dasar II 3 sks (KM2020).

3. Jumlah maksimal peserta pada setiap kelas yaitu 75 mahasiswa, jika peserta lebih dari 75 mahasiswa maka dimungkinkan akan dibentuk kelas tambahan. Sementara ini untuk matakuliah Wajib ditawarkan maksimal 2 kelas terlebih dahulu, sedangkan untuk matakuliah pilihan ditawarkan 1 kelas.

4. Mahasiswa yang mengambil matakuliah perbaikan/ mengulang, Pertimbangkan jadwal kuliah agar efektif dan efisien. Mahasiswa yang mengulang/ perbaikan matakuliah yang terdapat Praktikumnya, maka mahasiswa yang bersangkutan TETAP WAJIB mengikuti kegiatan Praktikum mengikuti arahan dosen pengampu. Jumlah kehadiran mahasiswa sebagai syarat ujian (UTS/UAS) yaitu minimal 75 % termasuk kehadiran Praktikum (otomatis terecord pada sistem SIAP).

5. Khusus Mahasiswa IUP yang ingin mengulang/perbaikan matakuliah, harap menghubungi Sekretariat Departemen Biologi setelah konsultasi dengan Dosen Wali. Jika matakuliah yang dipilih perbaikan belum tersedia pada jadwal / pada akun SIAP, silahkan disampaikan kepada Sekretariat Departemen Biologi.

6. Informasi kode nama kelas yang terdapat pada SIAP :

- A (nama kelas matakuliah Wajib paralel A sesuai kurikulum yang diikuti)

- B (nama kelas matakuliah Wajib paralel B sesuai kurikulum yang diikuti)

- IUP (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- IUP - M (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020)

- IUP - U (nama kelas matakuliah Wajib untuk mahasiswa IUP yang menempuh matakuliah perbaikan kurikulum 2017)

- PIL (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - U (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa reguler yang menempuh kurikulum 2012)

- PIL - I (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum 2017)

- PIL - M (nama kelas Matakuliah Pilihan KHUSUS untuk mahasiswa IUP yang menempuh kurikulum Merdeka 2020) (Saat ini belum ada)

- P2012 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2012 untuk perbaikan)

- P2017 (nama kelas matakuliah Wajib KHUSUS untuk mahasiswa yang menempuh kurikulum 2017 untuk perbaikan)

7. Kalender Akademik FSM Undip Semester Gasal 2021/2022 silahkan klik
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Need help ?