Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran biologi pada Program Studi S1 Biologi FSM UNDIP tergantung pada beberapa komponen, yaitu: kondisi masukan (mahasiswa), potensi institusi (SDM yang terdiri atas dosen, teknisi, administrasi dan manajemen), kurikulum, sarana dan prasarana pembelajaran, serta atmosfer akademik. Aktivitas yang integratif dari berbagai komponen tersebut, akan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Mahasiswa Biologi adalah lulusan SMA/SMK/MA yang berhasil lulus seleksi masuk   dan memiliki motivasi serta minat yang kuat untuk mempelajari fenomena alam, khususnya kehidupan sumber daya alam hayati.

Potensi Institusi, Potensi Departemen Biologi ditentukan oleh unsur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Manajemen Internal. Organisasi Departemen Biologi memiliki struktur baku sebagai institusi pendidikan dan memiliki manajemen yang berorientasi pada kualitas.

Sumber daya manusia Departemen Biologi terdiri dari dosen sebagai tenaga pendidik, tenaga kependidikan sebagai pelaksana administrasi, pranata laboratorium sebagai teknisi laboratorium.

Dosen adalah staf pendidik yang memiliki tugas pokok dalam bidang pendidikan, pengembangan keilmuan serta pengabdian kepada masyarakat. Dosen Departemen  Biologi sampai saat ini berjumlah 47 orang.

Manajemen Departemen  Biologi pada prinsipnya berorientasi pada kualitas hasil kinerja dan bersifat transparan. Aktivitas koordinasi dan monitoring dilaksanakan secara terus menerus dan selalu ditingkatkan, agar hasil kinerja semakin lama semakin berkualitas.

Sarana Departemen Biologi terdiri dari : referensi di perpustakaan Departemen (di Lab. Ekologi dan Biosistematika), peralatan laboratorium dan peralatan pembelajaran. Masing-masing laboratorium memiliki koleksi referensi spesifik sesuai dengan bidang kajian laboratorium tersebut. Koleksi referensi di perpustakaan departemen terdiri dari lebih dari 610 judul textbook, 100 judul journal , dan 50 judul CD-ROM

Prasarana Departemen  Biologi terdiri dari ruang departemen, ruang kuliah, ruang laboratorium, rumah kaca, kandang hewan coba, ruang ujian sarjana di setiap laboratorium, ruang seminar, perpustakaan dan ruang komputer